Fakta Yulius Selvanus Komaling Berasal dari Keluarga Besar Komaling-Sumual-Tendean

MANADO, mejahijau.com – Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Komaling dielus-elus maju Calon Gubernur Sulawesi Utara (Sulut). Putra Kakas ini optimis karena diutus langsung oleh Prabowo Subianto.

Menyusul kekisruhan soal latar belakang keminahasaan Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Komaling, terungkap fakta ternyata Prabowo Subianto dan Yulius Selvanus Komaling memiliki kesamaan dan perbedaan.

Ayah dari Prabowo Subianto berasal dari Kebumen. Sementara ayah dari Yulius, Daud Lumbaa berasal dari Tanah Toraja.

Keduanya memiliki kesamaan terlahir dari rahim wanita Minahasa. Kalau Prabowo berasal dari Keluarga Besar Sigar-Maengkom dari Langowan, maka Yulius Selvanus Komaling asal-usulnya berasal dari Keluarga Besar Komaling-Sumual-Tendean dari Kakas, Kabupaten Minahasa.

Gisye Komaling adalah ibu kandung dari Yulius Selvanus Komaling. Gisye Komaling adalah anak dari Albert Komaling asal Kakas dan Anna Maria Sumual dari Remboken. Keduanya mangkat dan dimakam di Tempat Pemakaman Umum (TPU) di wilayah Kakas, Minahasa.

Anna Maria Sumual yang notabene Oma dari Yulius adalah anak dari Opa Tua Thertius Sumual dan Oma Tua Juliana Tendean. Keduanya dimakamkan di TPU Remboken, Minahasa.

Dengan begitu, asal-usul keminahasaan Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Komaling yang disebut-sebut ‘anak-emas’-nya Prabowo Subianto, ternyata sudah cukup terang benderang.

Hal itu seperti dipaparkan Koordinator Keluarga Besar Komaling Provinsi Sulut Relly Komaling dan Koordinator Sumual Satu Darah John Hes Sumual, serta penegasan dari Ketua Umum Waraney Nusantara Herry Mandolang.

Menurut Koordinator Keluarga Besar Komaling Sulut Relly Komaling, keminahasaan Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Komaling sangat jelas. Dan itu terbaca dari silsilah Keluarga Besar Komaling bahwa beliau adalah Putra Kakas, Minahasa.

“Siapa beliau sebenarnya sudah jelas. Asal-usulnya anak dari Gisye Komaling dari Kakas Tounelet. Dan semua itu terbaca dalam slakboom keluarga Besar Komaling,” ungkap Relly.

Untuk itulah, lanjut dia, seluruh Keluarga Besar Komaling memberi diri untuk mendukung Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Komaling untuk maju pemilihan gubernur Sulut.

Senada diungkapkan Koordinator Sumual Satu Darah, John Hes Sumual kepada redaksi mejahijau.com, Kamis (06/06/2024).

“Beliau juga berasal dari Keluarga Sumual dari Oma Anna Maria Sumual. Untuk itulah Pak Yulius sangat dekat dengan keluarga Sumual dimana saja,” kata Hes.

Hes Sumual menandaskan, keminahasaan Yulius Selvanus Komaling sudah sangat terang benderang. Pria itu nyata-nyata adalah Putra Minahasa berasal dari Kakas.

“Prabowo Subianto tidak mungkin salah mengutus orang. Beliau kenal benar bahwa Yulius Selvanus Komaling adalah Tou Minahasa,” tandas John Hes Sumual yang tengah mengkoordinir seluruh Keluarga Besar Sumual di dalam grup Sumual Satu Darah.

Sementara Ketua Umum Waraney Nusatara Herry Mandolang mengurai panjang lebar keberadaan Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Komaling yang dikenalnya.

“Asal-usul keminahasaan beliau sangat jelas. Semua sudah terang-benderang. Tidak perlu lagi didebatkan. Kita semua nusantara. Kita adalah Indonesia Raya,” terang Herry.
Ia mengajak seluruh warga Sulut untuk menjaga Pemilihan Gubernur Sulut 2024 supaya boleh terlaksana dengan baik.

“Mari jaga agenda Pemilu 2024, yakni Pilkada Sulut dan Pilkada Kabupaten-Kota biar sukses memilih calon pemimpin masa depan,” pungkasnya.(*tr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *