KIM Vs PDIP Duel Sengit, Elly Lasut Cs Penonton Terbaik Pilkada Sulut

MANADO, mejahijau.com – Duel sengit di Pilkada Sulut nyaris memastikan tanpa Elly Lasut, Wanti WF Mamahit, Denny Tuejeh, Carlo Tewu, Jan Maringka.

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sulawesi Utara (Sulut) 2024, Elly Lasut Cs berpotensi tak dapat dukungan partai politik. Mereka diperkirakan hanya dapat ‘tiket’ jadi penonton Pilkada Sulut.

Pilkada Sulut 2024 kans diikuti dua pasangan Calon Gubernur (Cagub) yang diusung oleh PDI-Perjuangan versus Cagub dari Koalisi Indonesia Maju (KIM).

PDI-Perjuangan diprediksi memasang Steven Kandouw, sementara Cagub KIM kans kuat berlabuh ke Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Komaling.

Head to head antara Steven Kandouw versus Yulius Selvanus Komaling diungkapkan pengamat sosial politik Amir Pontoh, Selasa, (25/06/2024).

“Pertarungan sengit terjadi hanya antara Steven Kandouw yang diusung PDIP melawan Yulius Selvanus Komaling yang dijagokan oleh KIM,” ungkapnya.

PDI-Perjuangan keukeh dengan 19 kursi di DPRD Sulut. PKS dan PKB masing-masing 1 kursi juga diyakin bakal memperkuat Steven Kandouw.

Sementara sisanya tergabung di dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang bakal mengusung Putra Kakas, Yulius Selvanus Komaling. Koalisi kuat ini menjadi ancam serius bagi Cagub PDIP Steven Kandouw.

Menurut Amir Pontoh, sejauh ini KIM dikendalikan Prabowo Subianto terbilang solid. Tidak terpecah-pecah. Semuanya berporos memperkuat target politik Partai Gerindra.

“KIM sejauh ini masih solid. Semua berada dalam kendali Ketum Gerindra Prabowo Subianto. Baik Golkar, PAN, Demokrat, PSI, PKB, Gerindra semuanya komunikatif dengan Prabowo selaku pendiri KIM,” katanya.

Meski miliki dukungan dominan di kursi parlemen di kabupaten kota se Sulut, lanjut dia, namun soliditas KIM dipastikan bakal membuat uring-uringan cagub yang diusung PDIP.

“Bagi Prabowo Subianto, Pilkada Sulut merupakan pertarungan prestise yang harus dimenangkan. Sudah pasti beliau mau ‘anak-emas’nya menang di daerahnya,” cetusnya.

Ia memprediksi, jika Pilkada Sulut diikuti lebih dari dua pasangan, maka calon dari PDIP yang mengusung Steven Kandouw bakal menang telak.

“Tetapi kalau head to head, calon dari PDIP bakal tumbang,” ulasnya.

Untuk meruntuhkan dominasi PDIP di Sulut, dipastikan KIM akan menyatu pada satu calon yakni Yulius Selvanus Komaling.

“Kalau skenario head to head tanpa halangan, maka dipastikan Elly Lasut dan calon lain akan ikut bersaing memperebutkan siapa penonton terbaik,” pungkasnya sembari tertawa berseloroh.(*/tr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *