Sempat Ditolak Minahasa dan Toraja, Yulius Selvanus Syukuri Indonesia Raya!

MANADO, mejahijau.com – Pernyataan menggelitik diungkapkan Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus terkait keindonesiaannya di tanah Minahasa dan Toraja.

Hal itu diungkapkan saat Yulius memberikan sambutan pada pertemuan masyarakat Toraja Sulawesi Utara terangkai ibadah di halaman Tongkonan, jalan Ringroad kawasan Perumahan GPI (Griya Paniki Indah), Manado, Minggu, (14/07/2024).

Mantan anggota Kopassus yang sempat hilang 23 hari di belantara Papua ini mengaku, di Toraja dirinya ditolak habis-habisan.

Padahal papanya berasal dari Toraja marga Lumbaa. Ketorajaannya dimasalahkan karena namanya tak ada marga Toraja.

Yulius Selvanus oleh Orang Toraja justru ditolak sebagai Orang Minahasa. Dan orang Minahasa tidak diperbolehkan menjadi Ketua Umum PMTI (Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia).

Datang ke Minahasa, Yulius Selvanus juga ditolak. Padahal mamanya, asli Kakas Minahasa marga Komaling.

“Saya juga tidak diperbolehkan ngaku-ngaku Tole Minahasa. Padahal saya ini Waseng, Kakas Minahasa,” cetus Yulius.

Diakui Yulius Selvanus, sewaktu kecil orangtuanya sengaja tak melampirkan marga di belakang namanya.

Pendeta Loestin Mappadang MTH diapit Ketum PMTI Yulius Selvanus dan istri Anik Fitri Wandriani.

“Bayangkan, di dua tanah kelahiran orang tua saya, saya justru ditolak!,” sergah bakal Calon Gubernur Sulut yang elektabilitasnya mulai menanjak.

Hanya saja, lama kelamaan semua itu mulai hilang pelan-pelan. Dua daerah tempat kelahiran orangtuanya mulai menerima dirinya sebagai anak daerah dari Indonesia Raya.

Sebelumnya, peribadatan Kerukunan Keluarga Toraja Sulut dipimpin oleh Pendeta Loestin Mappadang MTh. Khotbanya mengulas banyak hal tentang kehidupan dan perjuangan manusia.

Bangsa Israel 40 tahun dituntun masuk ke Tanah Kanaan melewati banyak cobaan. Dalam perjalanan, pada siang hari mereka dituntun tiang awan dan malam mereka diterangi oleh tiang api.

Hanya saja Bangsa Israel sering melawan kehendak Allah. Dan mereka diberi sanksi oleh Tuhan ketika kerajaan Babel memporak-poranda kemegahan Israel dari peninggalan Raja Salomo.

“Belajar dari itu, kita harus solid, kuat, dan senantiasa tetap setia kepada Allah,” kata Pendeta Loestin Mappadang.

Yulius Selvanus yang juga Ketua DPD Gerindra Sulut hadir bersama istri tercinta Anik Fitri Wandriani, Vicky GS Lumentut bersama istri, Ramoy Markus Luntungan, Novi Mewengkang.

Juga tampak hadir Benny Parasan, segenap tokoh penting Toraja, serta Relawan Prabowo-Gibran yang mengendorse Cagub Sulut Yulius Selvanus.(*/tr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *