Victor Rarung Orang Minahasa Pertama Terima Gelar Raden dari Keraton Surakarta

JAKARTA, mejahijau.com – Victor Rarung, jurnalis handal asal Sulawesi Utara (Sulut), benar-benar membuat banyak orang terperangah.

Mengapa tidak, Staff Khusus Gubernur Sulut Olly Dondokambey segera didaulat menerima gelar bangsawan Kanjeng Raden Aryo (KRA) dari Keraton Solo, Sabtu, (06/07/2024).

Hal itu diungkapkan Drs KGPH Adipati Dipokusumo MSi selaku Pengageng Parentah Karaton Surakarta Hadiningrat melalui rilisnya baru-baru ini.

Tak dinyana Victor Rarung berhasil masuk dalam jajaran penerima gelar keramat dari Keraton Solo dengan gelar Kanjeng Raden Aryo Victor Rarung Hadiningrat.

Evangelist Victor Rarung dinilai mampu memperjuangan serta mampu menjaga nama baik Keraton Surakarta.

Pria ini berhasil memecahkan sejarah dalam Keraton Surakarta. Ia menjadi rohaniwan Kristen pertama yang dianugerahi gelar bangsawan dari keraton berpengaruh se antero Jawa itu.

Tak hanya itu, Victor Rarung juga menjadi Orang Minahasa pertama yang menerima gelar ningrat dari Keraton Surakarta dengan gelar Raden yang dihormati.

Tuama Minahasa ini dinilai layak diberi gelar tersebut didasari oleh beberapa rujukan utama sesuai penilaian abdi dalem keraton.

Victor Rarung dinilai patut menerima gelar tersebut oleh karena telah memberikan kontribusi signifikan dalam promosi kerukunan antar umat beragama, perdamaian, dan toleransi di dalam masyarakat.

Berikut penilaian atas kemampuannya dalam rangka perkuatan nilai-nilai kebudayaan di Indonesia sehingga Keraton Surakarta sebagai pusat kebudayaan Jawa menilai Victor Rarung berhak dianugerahi gelar oleh keraton.

Sosok ini juga dianggap dapat mendorong terjadinya dialog antaragama guna memperkuat ikatan antar umat beragama di Indonesia. Pihak Keraton Surakarta juga meyakini bahwa tokoh Minahasa ini teramat mendukung pluralisme dan keberagaman serta dapat menjaga nama baik dan citra Keraton Surakarta.

Selain itu, jurnalis televisi dan media online ini juga dinilai dapat menjadi teladan bagi masyarakat luas dalam hal toleransi, perdamaian, serta kerjasama antar umat beragama di Indonesia.

Evangelist Victor Rarung menjadi Orang Minahasa pertama dianugerahi gelar Raden oleh Keraton Surakarta.

Pemberian gelar ini merupakan cara Karaton Surakarta untuk mendukung dan mempromosikan keharmonisan, toleransi, dan kerjasama antar umat beragama di Indonesia.

Puluhan tahun perjalanan karirnya sebagai seorang jurnalis, sosok Victor Rarung diakui banyak memberikan khasanah bagi insan pers di Sulawesi Utara.

Kehadirannya kerap membuat suasana riang gembira dengan candaan intelek dan konstruktif bagi dunia kewartawanan di daerah.

Selang tiga tahun terakhir, Victor Rarung diketahui lebih memilih untuk menjadi evangelist yang memberikan banyak waktu pada pelayanan iman.

Ia menaruh perhatian serius pada pelayanan-pelayanan kristiani di berbagai tempat di Indonesia, termasuk terjun ke daerah kumuh DKI Jakarta.(*/tr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *