Cegah Pelanggar di Pilkada 2024, Bawaslu Sulut Gelar Apel Siaga Pengawasan Kampanye!

Sulawesi Utara767 Dilihat

MANADO, – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Utara (Sulut) gelar Apel Siaga kampanye, pada Rabu(25/9/2024), di lapangan Apel, kantor Bawaslu Sulut.

Ketua Bawaslu Sulut, Ardiles Mewoh menekankan kegiatan ini bertujuan untuk memastikan setiap tahapan kampanye berjalan sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku.

“Peran pengawas dalam memantau aktivitas kampanye sangat penting. Pengawasan ketat diperlukan guna mencegah pelanggaran serta memastikan seluruh peserta pemilu mengikuti aturan yang telah ditetapkan,” kata Ardiles.

Dimomen itu, Bawaslu Sulut mengapresiasi KPU Sulut, Forkopimda, Pemerintah Provinsi Sulut, serta para Paslon yang hadir dalam apel siaga itu.

“Ini merupakan langkah awal kita dalam menghadapi tahapan kampanye yang dimulai dari 25 September hingga 23 November 2024, pasca penetapan pada 23 September 2024,” ujar Ardiles Mewoh.

Lebih lanjut, Mewoh menyampaikan bahwa kampanye adalah wadah bagi kontestan untuk menyampaikan visi dan misi mereka kepada masyarakat.

“Pengawasan ini adalah mandat yang diberikan undang-undang kepada Bawaslu. Kita harus siap dan waspada terhadap setiap potensi pelanggaran,” tegasnya.

Bawaslu berkomitmen untuk menindak tegas pelanggaran yang terjadi guna memastikan Pemilihan Pilkada 2024 berjalan sesuai peraturan.

“Keamanan menjadi prioritas utama demi terciptanya pemilu damai, jujur, dan adil,” terang Mewoh.

Mewoh juga mengajak seluruh pemangku kepentingan, para calon, dan masyarakat untuk terus menjaga toleransi serta kerukunan meskipun ada perbedaan pandangan politik.

Ia menghimbau agar pemilih menjadi lebih berintegritas dan terus mengedukasi diri terkait pengawasan pemilu.

Dalam kesempatan ini, Bawaslu Sulut juga menyampaikan pesan kepada Bawaslu Kabupaten/Kota, Panwascam, dan PKD yang mengikuti melalui zoom meeting, untuk melaksanakan tugas pengawasan secara adil dan tanpa pandang bulu.

“Bersama rakyat awasi pemilu, bersama Bawaslu tegakkan keadilan pemilu,” pungkas Ardiles Mewoh.

Dengan pengawasan kampanye Pilkada 2024 yang lebih ketat, diharapkan pelaksanaan Pilkada di Sulawesi Utara berjalan lancar, aman, dan sesuai dengan harapan masyarakat.

Ri//

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *